Featured Posts

Latest Posts

0

Hak Pilih TNI Ditentukan Undang-undang

Filled under : aktual , hak pilih TNI , Informasi Umum Aktual

aktualJumat, 18 Juni 2010 | 17:53 WIB
CIPANAS, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, bisa tidaknya anggota TNI menggunakan hak pilihnya dalam pemilu maupun pilkada akan ditentukan oleh undang-undang yang dirancang oleh pemerintah bersama DPR.

"Sekarang yang tentukan itu adalah undang-undang, apakah 2014 nanti bisa menggunakan hak pilihnya. Tentu undang-undang dibuat pemerintah bersama DPR RI dan akan dengar pendapat berbagai kalangan," kata Presiden saat bersilaturahim dengan wartawan di Istana Cipanas Cianjur, Jumat (18/6/2010) sore.

Kepala Negara menyadari adanya kekhawatiran di masa lampau bila TNI memiliki dan menggunakan hak pilihnya maka akan terjadi perpecahan di kalangan internal militer. "Bila berbicara hak asasi politik, di negara lain anggota militer mereka dalam pemilihan umum juga memilih. Memang benar di waktu lalu dikhawatirkan akan terjadi pengkotakan dan perpecahan karena semua punya senjata," katanya.

Meski demikian, bila kedewasaan berpolitik semakin matang, termasuk pemahaman di kalangan militer untuk bisa menjaga jiwa kebersamaan, bukan tidak mungkin anggota militer aktif bisa memiliki hak pilih. "Bila tidak ada lagi hambatan dan permasalahan yang bisa mengganggu kekompakan dan jiwa korsa ia bisa diberikan hak politiknya," tegas Presiden.

Bookmark and Share

Story by DPM IAIN RF Palembang

Tags: aktual , hak pilih TNI , Informasi Umum Aktual

0 komentar

Leave a reply

silahkan komentar dan memberi saran disini sobat :
yg tidak ada web/blog silahkan klik pilihan "Beri komentar Sebagai" dan pilih "name/URL atau Anonymous" di bagian bawah kolom ini
==================================================>>>

Foto Bersama

Foto Bersama
Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa Iinstitut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang Tahun 2009 - 2010

link FL2MI

  • Recent Post

  • Recent Comments

  • Product Kategories

    Perdebatan tentang hak pilih TNI kembali mengemuka. Apakah TNI perlu diberi hak untuk memilih dan dipilih?

    Pengurus DPM IAIN RF

    alim muslimin

    Komunikasi Online

    Komentar Anda


    ShoutMix chat widget

    .

    page rank

    PageRank